Tanggal 1 September 2015 saya dihubungi oleh Mbak Chaca via twitter mengenai kesediaan sharing tentang skoliosis di acara Indonesia Morning Show di NET TV. Di luar dugaan ternyata acara tersebut akan dilangsungkan esok harinya. Saya menyanggupi meski cukup nervous. Mbak Chaca pun bertanya ini itu dan mengingatkan saya untuk membawa brace, rontgen X-ray tulang belakang, dan buku saya.

Rabu, 2 September 2015, pukul 05.45 saya tiba di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Slot talkshow tentang skoliosis akan dimulai pada sesi pukul 07.00 dan hanya berlangsung sekitar 15 menit.

Sambil menunggu acara dimulai beberapa tim make up dan kru sempat bertanya pada saya mengenai apa itu skoliosis. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk sekaligus secara tidak langsung mengkampanyekan pentingnya #SadarSkoliosis sejak dini. Menjelang dimulai dr. Arsanto Sp.OT(k) spine tiba di lokasi. Kami pun bersiap on air.

image

Talkshow dibuka dengan pertanyaan mengenai skoliosis saya. Karena gugup saya sempat blank menjawab pertanyaan. Setelah itu dr. Arsanto menguraikan mengenai faktor penyebab skoliosis.

Net TV juga menampilkan informasi-informasi mengenai skoliosis di layar. Kemudian host yaitu Mas Adrian dan Mbak Shahnaz bertanya mengenai cara deteksi dini skoliosis. Kami pun lantas mempraktekan Adam’s forward bending tests.

Sesi pertanyaan diisi oleh dua orang penelepon yang lantas dijawab oleh dr. Arsanto. Tidak lama kemudian slot 15 menit berakhir dan saya benar-benar berharap waktu yang singkat itu bermanfaat bagi banyak orang untuk bisa mengetahui skoliosis sejak dini.

Ketika acara berakhir saya sempat mengobrol singkat dengan Mas Adrian Maulana mengenai skoliosis dan buku Pantang Padam: Catatan Skolioser saya.

image

Terima kasih kepada Indonesia Morning Show NET TV dan kru semua yang sudah mengangkat tema skoliosis.

Link youtube talkshow bisa dilihat di sini.

Semoga bermanfaat.

Penulis: Yulia
Foto saat on air: Mbak Nisa