P_20170813_154815

Suatu hari ada yang mengontak Kurva dan bercerita tentang inovasinya terkait tas untuk skolioser. Rupanya tim yang membuat tas khusus untuk skolioser tersebut adalah mahasiswa dan mahasiswi dari ITB, Bandung. Tim inti Kurva pun berencana untuk bertemu dengan tim Tasko dari Bandung tersebut.

IMG-20170809-WA0003

Akhirnya pada 13 Agustus 2017 rencana pertemuan terwujud di Depok, Jawa Barat. Tim tasko dari Bandung jauh-jauh datang ke Depok via Jakarta.

Mereka pun bercerita awal mula pembuatan Tasko.

P_20170813_142855

Tim Bandung yang hadir hari itu adalah Farel, Gandes, dan Hanah. Sementara satu orang tidak bisa hadir. Dari Kurva yang datang adalah Yulia dan Dida.

Hanah pun bercerita bahwa ide awal pembuatan berasal dari kegiatan ospek mahasiswa. Ketika itu, mahasiswa yang dalam rekaman medisnya tertulis memiliki riwayat skoliosis tidak boleh membawa barang bawaan terlampau berat oleh para senior sehingga kawan-kawannya yang lain diwajibkan membawakan tas para skolioser tersebut.

Seiring dengan waktu mereka kemudian mengikuti lomba tingkat nasional. Teringat dengan kejadian saat menjadi mahasiswa baru itulah, mereka tertarik dan ingin membuat sebuah inovasi berupa tas yang bermanfaat untuk skolioser.

Meski kemudian gagal dalam lomba dan tidak menjadi juara, namun tim dari ITB tersebut memutuskan untuk tetap mengembangkan inovasi ini agar bermanfaat di masyarakat.

P_20170813_143751

Dalam pembuatannya mereka melakukan penelitian terlebih dulu kepada kawan-kawan mereka yang memiliki skoliosis di lingkungan kampus serta berkonsultasi dengan dokter orthopedi.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan pula bahan dari Tasko dan beratnya yaitu kurang lebih 800 gram. Sayang sekali hari itu mereka tidak membawa contohnya sehingga tim Kurva belum melihat tasko secara langsung. Namun dalam pertemuan itu disampaikan saran yaitu jika memungkinkan berat dari Tasko itu sendiri bisa dikurangi hingga 400an gram berdasarkan pengalaman dari penggunaan tas oleh tim Kurva.

Ke depannya proses pembuatan Tasko diharapkan bisa terus dikembangkan hingga dapat hadir di masyarakat dan menjadi salah satu solusi bagi skolioser.

Semoga kerja sama antara Kurva dan tim Tasko dari Bandung bisa terus terwujud dan bermanfaat. Aamiin.

P_20170813_154815